INNOCAMP 2016: Awal Seleksi & Kurangnya Imajinasi

img_9671

20 besar di 1st Camp. Ada yang individu, ada yang memang nge-tim berdua.

 

Tadaaa…!! Here I am again, in a tech-based business competition. Can you believe it? me not XD Sejujurnya sih… di masa-masa ini… aku kayaknya udah agak segan gitu ikut kompetisi-kompetisi lagi. Rasanya udah pengen bener-bener fokus jalanin bisnis aja. Konsen.. fokus.. Karena kenyataannya pun, juara di lomba itu beda dengan juara di dunia nyata, hehe.. Mungkin kalian juga paham maksudnya.

Tapiii.. godaan datang saat liat video ini! :B

Huaaa… Gimana cobaaa…

Ikut. Nggak. Ikut. Nggak. Ngitung kancing gak beres-beres, akhirnya, “nothing to lose aja deh.. lagian pede amat belum tentu lolos juga”, lol.

Lalu.. yang akhirnya bikin aku ikut itu kayaknya utamanya karena 3 hal: juri+mentornya keren-keren, hadiahnya juga oke (ke Google Jepang!), dan ini emang khusus untuk anak muda (sampe 35 tahun siihh), yang jelas kan kita gak akan muda selamanya! Jadi ayolah, selagi masih termasuk muda, mari kita manfaatkan 🙂

Maka akhirnya aku submit lah aplikasi ke mereka dan juga bikin video, mepeeeettt banget sama deadline. Temanya adalah berhubungan dengan bisnis teknologi, yang waktu itu pengajuan aku adalah tentang Home Solar Leasing, atau kredit solar panel untuk rumahan. Karena kebetulan itu salah satu lini bisnis yang memang ingin aku garap, dan kegiatan ini juga digagas oleh Adira, salah satu perusahaan multi-finance terbesar di Indonesia.

capture-20161206-090128

Sumber: innocamp2016.com

 

Singkat kata, amazingly, dari (lupa) berapa ratus, aku dapet email bahwa aku lolos tahap 1, dan mereka ngadain seleksi tahap 2 berupa interview via video call. Aku bener-bener gak tau kami mau ngomongin apa. Dan ternyata di hari H, ada dua orang dari pihak penyelenggara yang muncul di layar hape yang malah nanyain pertanyaan-pertanyaan absurd!

Interviewer: “Oke, Hani. Kalo bisa milih, kamu lebih pengen bisa terbang atau menghilang?”

Hani: *mikir* “Mmm… tergantung. Menghilangnya itu cuma jadi invisible atau bisa teleportasi juga? Kalo bisa teleport, aku lebih milih itu lah, biar kayak jumper :3”

Interviewer: “Kalo seumpama bisa terbang, kamu mau ngapain?”, “Kalo kamu dikasih uang 100 milyar, kamu mau pake buat apa?”, “Kalo seandainya jadi Ahok, sebagai gubernur Jakarta, apa yang akan kamu lakukan?”, “Tau paper clip? Kira-kira kalo dikasih banyak paper clip, kamu mau bikin produk apa aja?”

Wah, berapa pertanyaan tuh ya.. ada kali total 10 biji. Dan kira-kira begitulah sebagian dari yang aku inget. Dalam durasi singkat mesti mikir cepet, sedangkan aku waktu itu juga lagi di tengah-tengah acara seminar, rasanya udah gak tau apa aja yang keluar dari mulut. Cuma berusaha jaga pecakapan tetep berlangsung, gak banyak kosong, jawab aja sesuka-suka jadinya. Sampe belakangan baru lah aku nyadar, “kayaknya ini agak tes psikologi gitu deh..”, yang salah satu tujuannya adalah mengukur tingkat imajinasi kita, karena bagaimanapun, inovasi itu biasanya emang datang dari orang-orang yang suka mengkhayal. Dan itu agak bikin aku ngedrop, karena dari kebanyakan jawaban, “hmm.. kayaknya si Hani kurang imajinatif nih” XD Dan me-review diri sendiri juga dari respon berbagai jawaban yang aku kasih, ternyata aku agak “teknis banget” loh :’))) Bawaan sebagai anak tekniknya nempel ternyata. Dan sejak saat itu aku jadi nambah tekad, “Whuff, ayo, Han! Kamu harus bisa lebih berpikir bebas! Biar bisa lebih kreatif!” Hmph!!

Akhirnya.. ya bener-bener nothing to lose jadinya. Pasrah deh. Gak usah diinget-inget lagi. Setidaknya dari beberapa proses, tetep ada yang bisa dipelajari. Sampe akhirnya tiba-tiba pengumuman di twitter, facebook, juga via email, “Huaaa..! Ternyata aku lolos 20 besaaarr! Dan disuruh ikut 1st Camp, huohh!!” :))) Dan akhirnya dimulailah perjalanan aku dan anak-anak muda lainnya dari berbagai daerah di kompetisi ini….

Bersambung…

 

Salam hangat penuh semangat,

Hani yang sedang dalam kondisi badan kurang bersahabat

 

NB: Selain sebagai diary, tulisan ini juga dibuat untuk referensi teman-teman yang ingin ikut INNOCAMP 2017 tahun depan. Semoga bermanfaat.

Beberapa sumber liputan media terkait acara:

http://techno.okezone.com/read/2016/03/18/207/1339695/innocamp-2016-kompetisi-inovasi-bisnis-untuk-generasi-muda

http://otorai.com/2016/05/11/innocamp-2016-ajang-kompetisi-inovasi-ide-bisnis-kreatif-industri-pembiayaaan/

http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/03/23/502884/adira-finance-adakan-kompetisi-bisnis-berhadiah-ke-kant

http://jogja.tribunnews.com/2016/03/18/jaring-inovasi-bisnis-anak-muda-adira-finance-gelar-innocamp-2016

http://keuangan.kontan.co.id/news/adira-finance-gelar-innocamp-2016

http://youngsters.id/news/innocamp-2016-bagi-yang-berani-bisnis-inovasi

http://mysharing.co/adira-finance-gelar-innocamp-2016/

http://m.fokuskini.com/web/read/1744/innocamp.2016.memetik.dan.menyaring.ide.generasi.muda#.WEYpE5pEnIU

https://adira.co.id/pembukaan-dan-1-st-camp-innocamp-2016/

 

 

 

2 thoughts on “INNOCAMP 2016: Awal Seleksi & Kurangnya Imajinasi

Leave a Reply

