101 Random Things In Adelaide

IMG_8103

Gedung Parlemen di Adelaide itu persis pinggir jalan dan gak pake pager. Selow~

 

Haaaaa… akhirnya nulis tentang Adelaide lagiii…!! ~\o/

Apa kabar, teman-teman? Isi kepala ini rasanya penuh mesti ditumpahin. Segala yang gw pelajarin di Adelaide rasanya masih jadi hutang yang belum dibayar. Hasil beasiswa yang harus gw bagi, termasuk biar gw bisa merapihkan segala memori yang ada di kepala, sebelum ke-delete (terlupakan, blas~), supaya gak berantakan file-file-nya di otak gw, biar bisa tetep terdokumentasi dengan baik, dan bisa jadi pengingat di masa depan. Ya mestinya sih udah ditulis dari kapan tau. Tapi mood dan waktunya itu loohh >,<

So, mumpung sekarang lagi mood, mari kita writing2 blogging2, hehehe…

Tapiii… dibanding bahas materi kuliah yang kayaknya gw harus berpikir agak keras lagi, kali ini mari kita bahas yang ringan-ringan dulu aja. Sesuai judulnya, gw lagi pengen ngedaftar apa aja hal-hal random yang gw temukan di Adelaide, kota penting yang jadi latar belakang Kambing Jantan-nya Raditya Dika, jauh sebelum dia jadi raja socmed dan super terkenal kayak sekarang XD (kemudian dari jauh terdengar Adhitia Sofyan nyanyi Adelaide Sky).

Fyi, hal-hal di bawah ini ada yang spesifik kalian akan temukan cuma di Adelaide, tapi ada juga yang emang tipikal Ostrali. Yang jelas, gw banyak ngalaminnya ya di Adelaide.

Apa aja? Ini dia!

1. AdelaideFree

IMG_6928

Tengah malem di Victoria Square. Demi AdelaideFree.

Awal gw dateng di Adelaide, gw senengg banget nemuin si AdelaideFree ini. Apakah dia? Yep! Tidak lain dan tidak bukan dia adalah nama akses wifi gratis di seluruh area city di Adelaide! Tanpa username dan password, kalian bisa langsung connect ke internet gratis ini. Device apapun, berapapun. Pernah satu malem ya kayak gini, gw terpaksa keluar gara-gara internet di apartemen gw mati, begitupun kuota internet di hape gw. So, AdelaideFree is a savior when you need it. Minusnya, dia cuma sering langsung disconnect pas kita masuk ruangan. Jadi harus di area terbuka.

 

2. Telepon Umum

IMG_3148

It’s everywhere!

Ya ampun, guys.. kapan sih terakhir kali kalian pake telepon umum? Gw sendiri kayaknya dahulu kala banget waktu masih SD. Tapi ternyata di negara maju, telepon umum tu masih super eksis, ada dimana-mana, keurus, dan BISA DIPAKE. Gw jadi bingung, gw yang ketinggalan zaman apa gimana? Yang jelas, awal-awal gw di Adelaide, pas liat si kotak ini gw jadi cengo sendiri. “Whaaattt??” XD Kocak deh. Apa jangan-jangan karena di Aussie jarang ada tukang pulsa? Ah, gak juga tuh. Hmmm…

img_7063

Bisa dipake!

 

3. Kalimat standar Aussie

“Hey, how are you going?”. Awal-awal kadang takut salah denger. Ni orang nanya “how are you doing?” atau “where are you going?”, dan ternyata emang itu maksudnya adalah nanya kabar.

Dan Aussie kalo abis nerangin, untuk mastiin orang yang diajak ngomong ngerti apa nggak, pasti nanya “is that make sense?”. Kalo bahasa Jakarta sama dengan ini kali ya: “Nangkep kagak lu?” xD

 

4. Registrasi SIM card

capture-20160831-233835

2 attempts remaining :O

Gak kayak di Indo yang bisa seenak-enaknya ganti sim card hape, di Aussie data yang kita input beneran disingkronin dengan data yang ada di database pemerintahan mereka, cuy. Kalo gak match, ya kayak begini deh hasilnya, gak akan bisa dipake. Ini aja gak tau apa yang salah, gw lupa.

 

5. Toilet

Nah, kalo yang ini kayaknya udah jadi rahasia umum sih. Toilet-toilet di Ostrali itu sangaaatt waterless 😐 Semua harus dibersihin pake tissue, termasuk buang air dan pup (mereka bahkan gak punya penyemprot di toiletnya!). Iya, gw juga gak kebayang sih gimana mereka bersih2nya, tapi begitulah. Buat mereka, justru kita yang siram-siram ini lah yang aneh kayaknya. Apalagi cebok, ewhhh~ Di apartemen, gw wudhu di wastafel, basah-basah di lantai, bisa ditegor sama petugas pembersihan. Jadi, survival tip-nya ya emang mesti bawa botol kemana2. Mau kampus, kantor, hotel bintang lima, semua sama..

 

6. Aborigin

IMG_3170

Kirain orang Afrika, ternyata Aborigin. Lagi diinspeksi petugas kereta karena ketangkep gak bayar tiket.

Kadang di city, tapi lebih banyak di suburb, sering ketemu sama orang-orang Aborigin kayak begini. Dari yang masih kecil sampe yang udah tua. Suka nyamperin orang dan nanya “Do you have $1?”. Minta-minta recehan gitu deh. Untungnya gak suka maksa. Kalo kita bilang gak ada, ya dia langsung pergi.

 

7. Malamnya Adelaide

IMG_4215

Ini jam 7 PM.

Kadang pas awal-awal masih awkward, bilang “tonight” tapi matahari di luar masih super terang benderang. Apalagi setelah “Day Light Saving”, jam-nya dimajuin sejam, jadi maghrib biasanya jam 7.45 atau 8.00 PM. Tapi enak sih jadinya kalo puasa di Ostrali, durasi lebih pendek ^^

 

8. Becak ala Aussie

IMG_8140

Tukang becaknya aja cakep kan?

Yang narik becak begini banyaknya emang anak muda. Side job nambah penghasilan kali. $5 per orang, lumayan lah. Naik berdua begini bayarnya jadi $10. Mereka akan nganterin penumpang kemanapun selama masih di wilayah city. Bisa pesen online, ntar janjian lokasi penjemputannya. Akun socmed-nya juga aktif: @EcoCaddy

 

9. Koper

IMG_5161

Kalo jalan dan trotoar mulus mah, bebasss~

Well, ini kebetulan pas gw motretnya orang yang lagi bawa koper dan tas-tas sih.. tapi banyak juga yang bawa koper-koper kecil doang. Poinnya, gw liat banyak orang kantoran atau yang kerja lebih milih pake koper kecil dorong begini (termasuk dosen-dosen gw). Dan menurut gw ini asik.. terutama kalo barang lw agak banyak, sedangkan kalo lw bawanya pake backpack itu pasti bikin punggung lw sakit, dan sangat mengganggu postur. Pengen bisa begini pas di Jakarta, tapi gimana cara kalo trotoar masih acakadut. Dan ini mengingatkan gw sama ponakan gw yang TK sih, pake tas dorong XD Tapi beneran pengen, karena berasa banget, laptop gw aja udah berat, jadi kalo tas biasa, ampun deh -_-

 

10. Budaya Barbeque

IMG_7218

Model panggangan yang ada di Maslin Beach. Featuring mas Bengbeng pas kelompok Jokam Adelaide outing.

Salah satu yang Aussie banget itu kayaknya barbeque-an. Well, dengan banyaknya ruang publik, apalagi pantai yang super banyak (sampe kadang berasa punya sendiri saking sepinya), fasilitas barbeque juga biasanya udah tersedia di area-area kayak gini. Gak perlu repot bawa panggangan, tinggal bawa bahan-bahannya aja ^^ Di acara keluarga juga mereka sangat seneng BBQ. Sayang, kadang daging Ostrali rasanya “beda” xD

 

11. Bis 

IMG_4755

Bis atau tram yang ngelewatin City.

Katanya siih.. kalo masih <1 jam, kita bisa ganti bis lain tanpa harus kena charge lagi atau potongan di kartu Adelaide Metro yang kita tap. Aslinya gw gak tau pasti juga, karena jarang merhatiin saldo. Display-nya suka kecepetan.

 

12. Self-service di Coles

Self_checkout_using_NCR_Fastlane_machines

Scanning sakarepmu, ndok. Sumber gambar: http://bit.ly/2bCiTYs

Nah, ini salah satu yang tetep gw gak abis pikir. Coles adalah salah satu supermarket terkenal dan buanyaaaak banget (sangat mendominasi) di Ostrali. Dan di sini semua orang bisa jadi kasir buat mereka sendiri. Gampang banget buat cheat. Emang sih, suka ada karyawan yang mondar/ir di sekitar, tapi fungsi mereka lebih ke melayani kalo ada konsumen yang kesulitan atau butuh retur barang. Mereka juga emang gak mungkin bisa merhatiin konsumen satu-satu. Bayangin deh, kadang kita nge-scan aja kan gak selalu datanya langsung ke-input, tapi bisa jadi ya udah, langsung aja kita masukin ke keranjang belanjaan. Atau scan satu padahal masukin dua juga bisa. Atau scan semuanya, tapi ntar klik klik klik barangnya pada di-remove dari data mesin di layar juga bisa. Intinya gampang banget deh buat nyolong! Apalagi ingat Bung, “kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi karena ada kesempatan”. Kegoda dikit, bebas deh udah. Untung gw punya Allah, dan gw takut sama Allah. CCTV? Ampun dah… Kalopun lets say pas orangnya udah pergi, eh ketahuan dia gak nge-scan beberapa barang, emang iya dikejar, diburu jadi buronan hanya demi beberapa dollar? Nol, gak ada sama sekali. Gw jadi penasaran, ni perusahaan apa iya nganggep semua manusia itu baik dan jujur? Sebegitu jujurnya sampe gak berani ngutil barang remeh temeh? Dan kalo emang yang nyolong-nyolong itu pun banyaknya cuma yang receh-receh, tapi kan, receh kalo dikali seratus orang aja udah lumayan, kali. Apalagi kalo ternyata banyak yang gak receh.

Karena penasaran, gw googling deh. Dan tuh kaann.. jarang ada artikel tentang isu ini yang isinya positif; Self-service checkouts normalise, excuse supermarket stealing, research shows, terus 10 per cent of Coles and Woolworths shoppers admit to SHOPLIFTING when using infuriating self-serve checkouts, dan ternyata, ya ini nih:

Professor Neale said he estimated the overall cost of theft from supermarkets in Australia would be billions of dollars each year.

“They do absorb more of that risk because they are saving so much on labour costs,” he said.

He suggested that rather than employing more staff, retailers might move to smarter technology that is harder to fool in the future.

Hampun dijeh. Ternyata ada hubungannya sama isu upah juga, yang emang di Ostrali itu standar gajinya tinggi. Makanya pasar-pasar dan tempat-tempat kerja mayoritas cuma beroperasi sampe jam 5 sore. Tapi apa sebanding ya sama kerugian yang mereka tanggung dalam waktu lama?

 

13. Container

12004806_10205158308092905_1783675678905440508_n

Dikasih mba Fatiha, di minggu pertama nyampe, si Hani masih kedinginan.

Dan di minggu-minggu berikutnya, pas ada arisan di apartemen, temen gw yang mau dateng nelpon dan bilang, “Han, ntar gw bawa kontainer sendiri. Gw bawa dua deh”. Yang langsung kebayang di otak gw adalah dia mau bawa mobil kontainer. Ternyata eh ternyata, itu sebutan Aussie buat wadah makan kayak yang plastik transparan itu 😐

 

14. Mas-mas

12973296_10154020939498382_4678019167587294659_o

Mamas di Adelaide Central Market.

12182707_10205338147028766_9118825369821438818_o

Mamas2 cemilan di area Rundle

Asli deh.. mamas2 di pasar aja bentukannya kayak model dan atlit gitu, ganteng, gaya, dan cool pula. Gak ada alesan lagi buat gak suka belanja ke pasar. Dan tips buat yang mau belanja terkait makanan, terutama di Adelaide Central Market, dateng aja sore-sore mau tutup jam 5, atau Jumat sore. Harganya pasti jadi pada murah. “One dollar, one dollar” xD Di area selain pasar, yang jual makanan juga. Favorit gw, jadi bisa dapet sushi roll cuma $2, yeay \o/

 

15. Shopping Tips in Adelaide

Sejatinya belanja di Adelaide itu superr menyenangkan. Karena kalo tau dan ngerti caranya, kita bahkan bisa dapet branded stuffs dengan harga yang murah, barang-barang bagus yang bikin pengen borong, dan segala macem yang sangat worth to buy. Dan ini akan gw tulis di postingan yang berbeda 😀

 

Nah, itu dia hal-hal random yang gw temukan di Adelaide. Kalian gak bener-bener ngarep gw bakal nulis 101 biji kan? XD Capeeekkk, busett. TL:DR. Tapi gw bakal beneran lanjutin kalo kalian tinggalin komen di bawah ini. Sejatinya, file di gw masih banyak sih >,< Buat yang tinggal di Adelaide, boleh juga kasih komentar dan tambahan. At the end of the day, kota ini bakal ngangenin banget sih emang…

I’ll be looking at my window seeing Adelaide sky
Would you be kind enough to remember
I’ll be hearing my own foot steps under Adelaide sky
Would you be kind enough to remember me

Adhitia Sofyan – Adelaide Sky Lyrics | MetroLyrics

Jakarta, Kamis, jam 2 pagi

sambil menghitung hari kembali ke Ostrali

 

 

 

10 thoughts on “101 Random Things In Adelaide

  1. Untuk bus dan train <2 jam cukup sekali tap doang,jadi biar hemat harus pinter2 atur jadwal,kl belanja bahan makanan harus gerak cepat biar g lewat 2 jam 😁
    Belanja yg murah di Savers pada hari minggu,atau di Salvos pas hari selasa (lupa2 inget jadwalnya)
    Jalan kaki tengah malam di adelaide aman soalnya banyak polisi patroli hehe

  2. Pingback: Hal-Hal Random Tentang Tokyo (Dan Cara Ke Jepang Gratis!) | Daddy's Little Warrior

Leave a Reply

