Cara Efektif Promosi di Media Sosial

photo 2

Thank God It’s Women Meetup! (Tapi ada yang nyempil :p)

 

Well, untuk kalian yang kenal sama gw, mungkin tau kalo gw membuat sejenis business club khusus untuk perempuan, dimana gw dan tim berusaha menyediakan support system yang dibutuhkan buat para ciwi-ciwi ini menjalankan usahanya, termasuk pendanaan, mentorship, networking, dll. Karena masih belum resmi launching, anggotanya sih kebanyakan masih dari lingkungan teman, kenalan, dan kolega sendiri, berbasis di Bandung dan Jakarta. Untuk yang mau join, bisa colek gw via email aja untuk nanti gw undang di kegiatan-kegiatan selanjutnya. Karena sebenernya sih kumpul-kumpul offline-nya udah beberapa kali jalan, dan ternyata bisnis yang dijalanin perempuan itu emang seruuu banget! Haha.. Dari masalah kecil sampai tantangan besar selalu asik untuk dibahas. Dan kita jadi bisa sama-sama belajar dan saling support.

Nah.. ngomong-ngomong soal tantangan bisnis, satu waktu pernah juga ada yang nanya soal “gimana sih Han, sebenernya cara efektif marketing di socmed?” (sebut saja dia Mawar ^^). Dan ini adalah sekilas cuplikan obrolan kami:

Hani: Hmm.. socmed ya.. Well, menurut gw sih, emang gak bisa dipungkiri kalo zaman sekarang cara promosi yang efektif dan efisien untuk bisnis ya emang pake socmed sih, terutamanya pake endorsement atau biasa orang sebut sebagai influencer marketing. Ya lw liat aja, booming-nya bisa kayak apa orang-orang yang jualan kayak di Instagram, blog, dll gitu. Amazing banget.

Mawar: Nah iya tuh, Han. Makanya, gw juga pengen maksimalin si socmed ini. Cuma belum nemu cara ampuhnya. Menurut lw, kalo iklan biasa dibanding pake jasa endorse gitu gimana perbandingannya?

Hani: Hmm.. tergantung segmennya kali ya. Tapi kalo dari data yang pernah gw baca sih, soal perilaku konsumen zaman sekarang, mereka tu kayak semakin sebel gitu loh sama yang namanya iklan. Seringnya kalo iklan tu langsung di-skip begitu aja. Apalagi kalo yang di web ya. Yang pake ad-blocker buat nge-blok iklan di internet tu buanyak banget, dan bahkan Indonesia itu adalah salah satu yang terbesar di dunia yang pake fitur itu. Mungkin saking sebelnya kali ya, haha… Intinya kalo kita bisnis di Indo, konsumen kita tu kebanyakan udah gak liat lagi sama iklan yang dipasang di internet, dan sedangkan mereka jauh lebih banyak menghabiskan waktu di social media. Makanya sistem endorsement kayaknya emang jauh lebih menarik sih..

Mawar: Iya betul betul. Gw sendiri aja sekarang kalo cari info produk seringnya lewat IG atau twitter loh. Dan kalo soal promosi, dibanding iklan langsung dari perusahaannya, kalo dari influencer kayak selebgram atau youtuber gitu kan jatohnya jadi kayak rekomendasi, dan seringnya lebih relate aja gitu sama kita. Ya nggak sih?

Hani: Haha, ya nggak tau, lw yang ngerasain XD

Mawar: Tapi endorse-endorse gitu kayaknya mahal sih ya, Han..

Hani: Wah, kalo itu tergantung sih. Namanya juga influencer. Mau selebgram, blogger, youtuber, mereka kan udah punya basis follower masing-masing yang lumayan banyak. Mereka juga kebanyakan udah nyadar sama pengaruh besar yang bisa mereka kasih, jadi mereka kadang selektif juga untuk endorse suatu produk atau jasa.

Mawar: Kalo lw sendiri, pernah pake jasa endorse gitu nggak?

Hani: Gw? Pernah sih. Untuk bantu jualan produk kakak gw. Dan ternyata gak gampang banget juga loh, karena butuh alokasi waktu lumayan. Cobain aja. Ya lw bayangin lah, dari awal pertamanya aja kan kita butuh nyari-nyari dulu siapa influencer yang cocok dan tapi mau, sesuai budget. Terus kita butuh kontak orangnya, nawarin. Terus nego, komunikasi terus. Belum ngurusin pembayaran, monitor kerjanya, kepoin hasil/statistik dari promosi yang kita lakuin, dll. Gak gampang loh.

Mawar: Mmm ya ya kebayang. Tapi kalau bukan kita yang ngurusin, terus siapa dong? Masa harus via digital agency? Kan mahal. Kayaknya cuma brand-brand gede deh yang bisa bayar mereka.

Hani: Eitss, gak juga. Sekarang udah ada semacam marketplace-nya juga tuh untuk yang kayak gitu, mempertemukan brand sama para influencer. Dan selain jadi hub, mereka juga bakal bantuin brand untuk ngurusin si perintilan-perintilan tadi.

Mawar: Wah, apa namanya?

Hani: Well, gw gak familiar sama yang lain ya. Yang gw tau sih ada SOCIABUZZ, yang gw sendiri pernah nyobain jasa mereka. Tapi sebagai influencer sih, hehe.. Dan so far mereka servisnya oke, cara maintain partner, pembayaran, dll. Lw cobain aja.

Mawar: Socia apa? Sociabuzz? Jadi mereka bakal bantuin gw ngapain aja nih?

Homepage Update

tampilan sociabuzz.com

 

Hani: Bantuin segala deh. Yang gw tau, intinya, ntar lw atau siapapun pemilik bisnis, jadi tinggal tulis dan upload kebutuhan promosinya kayak apa. Ntar mereka akan menghubungkan kita ke daftar influencer yang mereka punya, yang kalo gak salah udah puluhan ribu juga yang gabung di situsnya. Terus ya udah, nanti kita pilih siapa influencer yang kita mau dan cocok dengan budget, bisa chat via web-nya, dan yang lain-lainnya bakal diurusin sama Sociabuzz. Kalau mau pake banyak influencer, manfaatnya bakal jauh lebih berasa lagi sih, karena urusan bayar-bayar juga kita jadi gak repot, gak perlu bayar satu-satu, karena Sociabuzz yang ngurusin, dan dijamin aman karena pake escrow mereka. Yang artinya ya kalo batal, duit kita balik 100% kok.

Mawar: Oh, ada ya marketplace yang kayak gitu? Baru denger gw. Cerdas banget ya bisnisnya. Cocok banget sama kebutuhan zaman sekarang.

Hani: Emberrr.. Gw aja pertama kali tau langsung tertarik banget. Solutif untuk semua sih. Apalagi budget promosinya bisa dari Rp.50ribu/post. Jadi lebih gampang, cepet, aman, dan nyaman. Konten selamanya ada di internet karena gak boleh dihapus juga. Jadi brand kita gampang dicari orang karena ada terus. Dan ya gw liat sih, influencer-influencer-nya emang cukup powerful. Ya kayak gw gini lah, hahaha..

Mawar: Wkwkwkwk. Iya daaahh… Eh, tapi menarik sih, menarik. Entar gw liat dan cek deh. Kebanyakannya disitu produk apa aja, Han?

Hani: Wah, macem-macem sih. Ntar lw liat sendiri. Gw sih pernah liat mereka ada fashion, makanan, beauty, resto, café juga. Startup juga banyak, dari yang promosi mobile apps, games, produk digital, sampe segala macem jasa online. Tapi keliatan sih pasti dikurasi.

Mawar: Haha, ya iya lah. Oke deh. Thank you infonya, Han.

Hani: Sip sip. Kabarin ya kalo lw abis endorse di situ. Gw bantu promosi juga deh, hehe :p

Dan ya begitulah sekilas obrolan kami. Setelah gw makin renungkan lagi, liat kondisi masa kini, apalagi untuk anak zaman sekarang, kayaknya kalo kerjaannya jadi full-time endorser jadi makin memungkinkan ya? Bisa juga tuh lewat join di Sociabuzz.com sebagai influencer.

Oke deh. Sampai ketemu di kesempatan-kesempatan berikutnya! Jangan lupa, kalau pengen join business club-nya, tinggal email aku atau tulis komen di bawah ini aja, oke? Ciao!

 

Sore hari di Taman Ayodya,

sambil rehat sebelum meeting lagi sama salah satu perempuan ibu kota

2 thoughts on “Cara Efektif Promosi di Media Sosial

Leave a Reply

