Pengalaman Wadidaw Direkrut Lembaga Internasional

Rapat kerja tim OO; Indonesia – Inggris – Afrika Selatan

Hai semua,

Udah lama gak nulis di blog. Banyak yang pengen di-share, niatnya diposting berupa video aja, biar nambah-nambah konten di Youtube, eh tapi ternyata banyak hal yang tetep lebih enak dibagi lewat tulisan aja. Termasuk tentang topik ini.

2020 adalah tahun yang sangat berkesan untuk semua orang, positif dan negatif, termasuk gw. No long trip, extreme weight-gain, dan… direkrut oleh salah satu lembaga internasional, yaitu Open Ownership. Lembaga ini adalah lembaga yang berfokus pada keterbukaan data informasi penerima manfaat akhir (beneficial owner), yang salah satu tugasnya adalah membantu pemerintah di 90 negara yang sudah berkomitmen terhadap bentuk transparansi tersebut, membuka tabir siapa pemilik kontrol dan penerima keuntungan sebenarnya di perusahaan-perusahaan, demi memberantas korupsi, pencucian uang, pembiayan terorisme, penghindaran pajak, dan aksi-aksi kriminal lain lewat penyembunyian identitas atau penyamaran status pemilik. Uwawwww sekali bukan? Uwaw karena terdengar keren atau uwaww karena kok kayaknya beda banget sama bidang gw selama ini? >,<

For those who knew, sejak 2017 memang hidup gw bisa dibilang “pivot”. Dari yang awalnya bisnis, bisnis, bisnis, biz tech, biz tech, biz tech, selalu private sector, tiba-tiba di tahun itu jadi masuk ke public sector. Disengaja gak disengaja, tapi takdir membawa gw begitu, kecemplung dan keterusan. Banyak hal yang gw syukuri, termasuk karena gw merasa menemukan bidang yang agak “blue ocean”, yaitu civic tech. Blue ocean dalam konteks orang-orang teknologi yang mengimplementasikan keilmuannya di bidang yang sangat teknikal ke sektor yang bukan akademis ataupun bisnis. Gw jadi pengen termasuk ke dalam orang-orang yang mentransformasi sektor publik secara digital (civic technologist). Dimulai dari gabung tim Satu Data Indonesia di Kantor Staf Presiden (2017), membuat gw jadi diterima sebagai satu-satunya perempuan Indonesia yang gabung School of Data (2018), sebuah program fellowship di bawah lembaga Open Knowledge (London), membantu implementasi Open Contracting (keterbukaan kontrak pengadaan publik) di Indonesia, berlanjut ke lembaga rekanannya sekarang, yaitu Open Ownership (Inggris). Buat gw sih benang merahnya tetap satu, yaitu pemanfaatan data untuk transformasi digital demi pelayanan publik yang lebih baik. Walaupun ternyata eh ternyata, ya ampun saudara saudara, secara praktek, jadi luaaaasss banget. Di titik ini, gw jadi ngerasa butuh banyak learning curve baru lagi. Gw jadi harus belajar soal policy mapping, stakeholder mapping, implikasi hukum, analisa kebijakan, penulisan global report, dimana di saat yang sama gw tetep masih pengen memperdalam kemampuan teknis gw dalam bidang ilmu data dan sistem komputer (kayak gak rela aja gitu untuk ngelepas predikat sebagai anak teknik). Jadi maksain diri untuk tetep bisa upgrade kemampuan di dua-duanya. Walaupun hasilnya yaa jadi gitu lah, pros and cons. Sebenernya sih, di Open Ownership pun butuh orang yang teknikal banget, karena mereka bikin standar data sendiri, tapi ya tetep aja, tim teknis pun harus punya pengetahuan sosial politik yang cukup untuk bikin solusi yang kontekstual.

Eh, balik lagi ke judul (haha, intronya kepanjangan), cerita kali ini adalah tentang pengalaman gw di awal diterima di Open Ownership. Secara praktek, kontrak kerja pertama gw dengan lembaga internasional adalah kontrak dengan Open Knowledge (2018), tapi waktu itu kontraknya biasa aja, gak ada yang aneh. Dana untuk membiayai gw waktu itu dari HIVOS, sebuah NGO internasional. Jadi, uang yang gw dapet itu adalah hasil donor HIVOS, yang kalo gak salah sumbernya dari EU (?), pemerintah Eropa. Nah, di tahun 2020, dengan lembaga Open Ownership ini, walaupun dia basisnya di Inggris, kebetulan untuk kontrak kerja gw, dananya disponsori secara fiskal oleh Global Impact, entiti non-profit Amerika. Hasilnya, kalau mau kontrak kerja, itu gw bahkan gak sama Open Ownership-nya, tapi langsung dengan si Global Impact. Dan di sinilah proses wadidawnya. Kenapa? Saat setelah dinyatakan bahwa gw terpilih oleh OO, sebelum akhirnya membuat kontrak kerja, ada masa dimana gw harus melewati proses due-diligence dari entiti Amerika tersebut (yang terafiliasi dengan lembaga-lembaga Amerika lain terutama terkait kontrol aset dan perbendaharaan). Alih-alih dikasih surat kontrak untuk ditanda-tangan, gw justru dikasih dulu surat pernyataan untuk mempersilakan mereka menginvestigasi semua hal tentang gw (fact-check). Lalu, apa yang aneh? Bukannya semua perusahaan pun akan menyelidiki calon kandidat pekerjanya? Yaa minimal lewat media sosial mungkin, postingan-postingan di twitter/instagram, atau minimal googling namanya dulu. Semua orang bisa melakukan itu kan? Nah, bedanya, ini formal banget, dan jadinya berkesan buat gw karena bahkan suratnya ada beberapa lembar, dan di dalamnya termasuk poin-poin yang sangat pribadi. Sedikit gambaran, di situ tertulis investigasinya bisa sampai ke data keuangan, histori transaksi, reputasi kredit gw di perbankan, data kepemilikan kendaraan, reputasi di media sudah tentu, mode hidup, verifikasi data diri, keluarga, status hukum, bahkan bisa sampai tanya jawab dengan teman atau tetangga tempat gw tinggal. Edaann.. Gw berasa mau dikulitin dan “ditelanjangin” semua data gw. Full background check, sehingga mereka minta gw untuk memberikan Privacy Consent. Kalau gak lolos due dilligence, ya kontrak kerjanya bisa aja batal. Heww~

Overview of Open Ownership

Tapi ya apa lah gw. Mereka cuma mau rekrut satu orang dari Indonesia, dilalah gw terpilih jadi satu-satunya orang itu, ya gw tanda tangan aja Privacy Consent-nya. Dan kalau mau fair, ya mungkin memang harus begitu. Masa gw gabung OO, mau nuntut transparansi dan akuntabilitas orang bahkan pemerintah, tapi gw sendiri gak bisa diaudit dan gak akuntabel. Jadi yaa pasrah aja lah.. Maka gw kirim lah KTP passport gw untuk pelengkap due dilligence, dan gw nunggu sampe proses pengecekannya selesai. Ehh ternyata lama dongg. Sampe seminggu kemudian masih belum selesai-selesai juga. Gw pikir “buset, ini orang-orang pada ngepoin gw apa aja ya sampe lama begitu ~,~” Gw udah sampe mikir “wah, kayaknya gak lolos investigasi nih gw”. Jangan-jangan jadi lama karena mereka jadi mesti interview kandidat lain lagi untuk menggantikan gw. Ya ampun rasanya digantungin banget. Sampe akhirnya ternyata proses gw clear, UWOOOO YOU RAISE ME UUUUUPPPP!!!! (*sambil nyanyi), lega bett gw. Kayak abis diinvestigasi beneran, pokoknya gw leganya bukan main.

Udah sih, wadidaw di situ doang, hahhahaha…

Di luar itu, mungkin beberapa poin yang bisa gw share selama prosesnya adalah:

  1. Manfaatkan media sosial dengan baik. Buat yang suka Linkedin, silakan branding di Linkedin. Suka twitter, optimalkan twitter-nya. Kalau akunnya di-private, menurut gw sayang banget, karena malah nutup segala kemungkinan baik yang bisa terjadi. Kebetulan gw suka twitter-an, dan gw manfaatkan twitter gw untuk menjangkau orang-orang yang potensial. Bahkan jauh sebelum masuk Open Ownership, gw udah nyoba buka komunikasi lewat twitter dengan Executive Director-nya, sampe kami saling follow. Alhasil, gw jadi terekspos juga dengan kolega-koleganya yang lain, sampe akhirnya, bahkan sebelum gw mau gabung, gw udah di-approach duluan sama salah satu Country Manager-nya untuk apply. The power of socmed.
Executive Director Open Ownership

DM twitter, di-approach untuk daftar gabung mereka

2. Shifting dari technical background ke public policy itu challenging. Sedikit tergambar di tabel di bawah ini:

Untuk ngatasinnya, gw berterima kasih teramat sangat untuk semua MOOC (Massive Open Online Course) di internet sehingga gw bisa banyak belajar secara mandiri. Online course yang gw ambil di awal-awal, dan gw rasa bermanfaat untuk orang-orang yang mau shifting juga ke public sector, beberapa diantaranya adalah:

Intinya sih jangan pernah berhenti belajar, hehe..

3. Reading is an important life skill! Salah satu hobi yang gw rasa sangat menolong gw adalah hobi gw membaca. Banyak orang zaman sekarang yang gak suka baca, dan beralasan “kan udah ada video atau podcast, ngapain baca? yang penting kan nerima informasi”. Padahal tetep beda banget. Salah satunya karena kalau gak suka baca, lw gak bakal suka nulis. Lw akan lebih ngalir untuk nulis kalau lw terbiasa banyak membaca. Buat gw yang suka baca aja, berkata-kata masih challenging, karena selama ini kerjaannya lebih banyak berkutat dengan angka. Dan tiba-tiba di kerjaan sekarang, gw mesti nulis report puluhan lembar, berbahasa Inggris, yang merupakan hasil assesment kualitatif dan kuantitatif di bidang yang sebenernya masih baru juga. Rasanya…….

4. Demi menciptakan dan memperbanyak talenta di bidang civic tech, gw coba dirikan organisasi bernama Civic Tech Indonesia, yang rencananya akan baru serius aktif di 2021. Jika ingin bergabung silakan berlangganan di newsletter-nya.

5. Setelah sekian lama kerja sendiri di rumah, gw merasa sangat butuh counterpart dan setidaknya teman diskusi, terutama yang sudah lebih ahli di bidang sektor publik ini. Gw pengen nyoba kerja di coworking space, tapi kebanyakan coworking space diisi oleh anak-anak startup dan bisnis. Gw butuh coworking space tempat orang-orang public sector ngumpul. Ada ide?

Yak, sekian dulu blog kali ini. Maaf kalau kepanjangan. Akhir kata, doakan saya ya bisa menjalankan amanat pekerjaan dengan sebaik-baiknya (kalau nggak, malu-maluin negara nih -.-). Saya juga doakan kalian yang sudah baca sampai akhir, semoga rizki kalian dilancarkan. Okeh? Amiin.

Wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum warohmatullohi wa barakotuh v^_^

Dari yang beratnya nambah 15 kg selama pandemi,

Hani Rosidaini

Intro to Open Ownership

Source: https://www.legalexecutiveinstitute.com/infographic-beneficial-ownership-rule/

Based on the World Economic Forum’s Global Shapers Survey in the last consecutive years, three of top problems that we are facing are inequality, corruption, and conflict/segregation (incl. clash between races, religion and more massive scale war). Considering that, I always think transparency has an essential role if we want to fix them, because, in a macro perspective, one of the significant factors that cause all of those is that there are many hidden transactions by the stakeholders, not to mention money laundering and terrorism funding. Many countries have promoted transparency itself, and we can see the progress gradually. For example, in my country, Indonesia, where we try to implement the Open Contracting that enable the government to conduct fair and transparent tender and contract, it raises trust from private sectors to involve more again in the procurement process (based on data from opentender.net), hence the bids not monopolised by certain parties. To complement all the Open Data movements, this is where beneficial ownership of public access is urgently needed. After focusing on the government, getting a commitment from the leaders (proved by issued regulations), open data across corporations will guarantee its better and more efficient implementation. For the civil society, it brings the issue of connecting between BO (Beneficial Ownership) and PEPs (Politically exposed Persons), for the company, we can inform operational considerations, and for the government, especially for my re-elected president, it builds the political momentum. Consequently, updated BO will facilitate improvement in societal progress from many sides.

Best,

Hani Rosidaini

Do You Wanna Captured By International Photographer? B))

Hey, I have an info! :3

Image

Hey, i hv an info! :3

I just hv a meetup with Francoise Huguier. She’s one of the most reputable photographers in France. She got a World Press Photo, worked as a mode photographer for Vogue Magazine & New York Times, and also did so many projects in almost all genres of photography while roaming around the world (u can visit en.francoisehuguier.com for details).

Now she’s in Bandung and plan to make her personal project here, about… hijaber! Ha!! After discussion, i think its gonna be a vry fun project to capture portraits of our people wearing hijab, then make a serie of it. Sooo.. I wanna invite u all, anyone, to join with us, being the “model”, n feel the joy to collaborate with her. I need around 15-20 women aged 15-30 who are daily wear hijab n we’ll make a photoshoot in this weekend (2-3 Nov). The theme itself is “elegant”, doesnt mean so glamorous, but reflect the best of u in mode that comfort u as well 😀

If u feel interested, u can contact me n send a message on facebook, twitter (@haniwww), email (hanirosidaini@gmail.com), or anything. Or if u think that ur fren/family will glad to know about it, just simply reshare, coz i’ll wait for ur response til the end of October.

To make it clear, we dont need “real model”, but ordinary women who simply want to contribute. Yea.. just like me. She told me that i’m also allowed to take poses if i want to. Haha.. But hey, chill, i’m still considering bout it since fashion is not sumtin i’m really fond of. But perhaps i’ll join with u at the day. So, see you soon! :*

We Need You, Indonesians!

Holla! How are you, people? Hope you’re doin great, not just like mine. I got sick for several days. Doctor said that I have a typhus symptom and sore in gastricular. I got disgrasp in middle part of lower chest (I dont know what it was), fever, migraine, droppy eyes, and anything ’til bed suddenly change into my only place. I have to consume teens pills a day, that my pharmacist friend worried about if its over medication, but fortunately I’m getting better now and suppa excited to get healthy very very soon.
Actually I want to tell you about my process of being sick, so you can prevent yourself to experience the same, but I think its not the point of this post, while you might also get bored to death to hear it, haha.. So I want to share something more important, one of things that I have to leave a while coz the medicines effect has forced me to dilly dallying over all night and day. And hopefully this post could redeem my guilt a bit to team for being away this time v^_^

Hey, why you all give me tiny bitty acnes on my face, eh? Haha.. Come to mama~

 

As I said in the interview with lagingapa.in here, I’m currently involved in a movement called #GSDB (Gerakan Sejuta Data Budaya) or “One Million of Cultural Data Movement”. Some of you might have heard it, and some have not, coz actually its not really something new and just builded. It has been running for several years, but moved slowly while we need to make it huge! Yes, people. Yes, you’re right! It’s all about collecting database of our culture from west to east and make it integrated in a digital libary (check http://www.budaya-indonesia.org for first step).

Hey! Did you mad when our heritages claimed by another country? Have you heard about how many cultures are stolen? Have you ever imagined how much money we could earn based on this sector? In harsh counting, it could even raise our GDP into IDR 300 trillion $__$ *sounds of Bingo machine flowing money continuously*

Image

Akh! It must be very excruciating.
God is already so gracious to bestow us so many unspeakable and breathtaking things but they’re ignored. In fact, claiming needs documentation, and we lose here. Moreover, documentation aint only useful for preservation and to be memorabilia in today’s generation, but also for innovative science research in the future, and again, has potential to strengthen our economy *drolling over the number again*

So, what can you do?


First of all, we’re not ignore the government, but we’re helping them. Our result will also be presented to them and registered to WIPO (World Intellectual Property Organization).
And just like GNFI, I also have good news for you, Indonesia! Everyone’s invited, everyone’s allowed to join. We need you to escalate our movement, we need you so bad, coz we’re only strong when we collaborate. *whistle*
You may help by submit data on our web (take it fun & there are also rewards for people whose meaningful contribution), download our ‘infobudaya’ apps in your Apple, Android, or Blackberry (its worth the time), simply share about this to your friends (trust me, a little support from you is worth million), or tadaaa… recruitment has opened for you who want to take the bigger chance:

Image

Designed by Vande Leonardo

Do you have to become really into culture? Well, well, well,, off course it would be awesome if you do. But if that what you have in mind, I have to say no, you dont. Me myself even aint an artist, dancer, researcher, or anything, but i do CARE, and thats above all. Or you can find your own motive; curiousity, study, experience, networking, self exploration, national pride, you name it.
And as a hint, if you choose the creative team, you may be join on one division with me, hehe.. You’ll be freed to play around with your mind, pop out ideas & thoughts, and we’ll work on the plans into something real. You may create creative campaign, fun publication, maybe by using meme, poster, trips, expeditions, quizzes, or anything, coz being creative is about doing something with style!

Image

And about other people on team? Owh.. I definitely say that I cant expect more. They are respectable people which their spirit seems to contagious. We got Prof.Hokky Situngkir (professor, since he has published 14 international scientific journals o.O) and his pals from Bandung Fe Institute who initiated this action, kang Goris Mustaqim (i cant understand more about this people’s spirit, keep contributing to society even when still in mourn and great grief, suffering a big loss of his father death, while also waiting for his first baby birth), Bang Indra, my favourite man from Bandung Digital Valley, Kang Ajun, our promising developer and Jokowi’s darling (hehe..), Erlan from IACT, and many more… Watta very berry loyal people with determination and integration. I’m ashamed if I’m not help much (yet).

Image

After presentation about #GSDB to Mr.Indra Utoyo as a Director of Innovation & Strategic Portfolio of Telkom. Left to right: Bang Rolan Dahlan, Dadan, me, Mr.IU, and Bang Indra

 

As addition, you can read a chirpstory from Kang Goris here, or watch this video:

So? I’ll stop my blah blah blah and now leave the ball to you. If it is the opening of a story, I believe that the rest is gonna be marvelous and mesmerizing, but only, if only, you’re on our side, all Indonesians.

Image

by Kang Kidir

PS: When this post is published, I heard that Kang Goris’s baby has born. A girl! So, congratulation to you and Teteh Paramitha, I cant wait to see your beatiful lil princess ❤ And for everyone out there, please take care of your body when Mr. Weatherman is very uncertain. Now I have to take my medicine again and must be sleepy in an instant after that. Zzzzz….