Tentang Bawa Gadget Baru Dari Australia (Edisi Adelaide & Sydney)

img_4918

Apple Store di Adelaide cuma 1 level. Yang Sydney jauh lebih besar dan beberapa level.

 

Yay! Kembali bersama Hani! ūüėÄ

Mau lanjut cerita soal hal-hal yang ditanyain beberapa orang, yang kali ini adalah tentang beli gadget di Ostrali. Kebetulan aku emang punya pengalaman beli produk Apple di Aussie. Tahun lalu di Adelaide, tahun ini di Sydney, dan emang barangnya aku bawa ke Indo. Terutamanya karena kemarin pas di Sydney aku emang buka PO juga untuk temen-temen yang mau nitip iphone 7 & iphone 7+ baru, trus orang-orang jadi pada nanya deh, “gimana ntar di bandara, Han?”. Termasuk Bintang, yang nanya sambil juga share video ini ke aku:

 

Well.. dan karena kayaknya bakal ada terus orang-orang yang nanya pertanyaan yang sama, jadi aku pikir, “mending tulis di blog aja deh”. Biar kalo¬†ada yang nanya lagi, tinggal aku kasih link tulisan ini aja, terus “nih.. baca sendiri ya”, HAHA! So blogger!! (atau bilang aja males)

Sejujurnya aku gak bener-bener paham soal aturan barang masuk. Walaupun dari beberapa tulisan di blog sih, kayaknya bea cukai tu sesuatu banget, karena pajak masuk yang dikenakan ke kita bahkan bisa sebanding dengan harga barang yang kita bawa (padahal salah satu alesan beli barang di luar negeri itu justru adalah karena bisa minta balik pajak pembeliannya :))). Mungkin karena secara pribadi aku juga orangnya selow banget kali ya, gak banyak khawatir, kalo ada kejadian sesuatu baru deh mikir gimana jadinya, haha.. Jadi yang aku share di sini, adalah pengalaman pribadi aku aja. Adapun aturan resmi yang komprehensifnya, ya you olang silakan cek website sebelah haa…

Jadii.. setelah aku baca satu artikel, konon katanya ternyata menurut peraturan RI, barang yang kita bawa dari luar negeri itu nilainya gak boleh lebih dari $250 per orang. Atau kalo kurs-nya sekitar Rp.13ribu, itu berarti senilai Rp.3.250.000. Wah! Sejujurnya itu aneh banget sih >,< I know, I know, and I do agree ini juga demi¬†kebaikan kita bersama, biar orang-orang gak pada semena-mena masukin barang ke negara kita. Tapi lucunya, ya nominalnya agak gak masuk akal aja gitu. Karena pas aku bawa oleh-oleh dari Adelaide aja, yang perintilan lucu-lucuan doang, itu kalo ditotal ternyata udah lebih dari $300. Padahal apalah saya ini…

img_8038-1

Berbagi sedikit kebahagiaan berupa buah tangan

 

Udah gitu, semua oleh-oleh di atas malah aku masukin ke satu koper bagasi, gak dipecah-pecah. Dan walaupun label harganya udah dicopot, kayaknya orang juga pasti tau itu barang baru -.- Atau mungkin $250 itu per barang kali ya? Yang 1 piece-nya aja senilai segitu? Mungkin. Entahlah. Tetep aja aneh sih tapi. Tapi so far so good. Begitu nyampe bandara Soekarno-Hatta, ngambil koper di mesin berjalan bagasi, dan alurnya langsung keluar bandara gitu aja. Mulus.

Kembali ke Ostrali, seperti yang aku sebutin sebelumnya, salah satu keuntungan belanja di luar negeri itu adalah kita bisa minta refund pajak pembelian dari barang yang sudah kita bayar. Yang rata-rata nilainya adalah 10% dari harga pokok. Contoh, beli jaket kampus USYD seharga $110, begitu mau pulang ke Indo, kita bisa minta balik uang pajak senilai $10-nya. Kenapa? Karena status kita bukan warga negara mereka, jadi kita gak punya kewajiban untuk bayar pajak. Lebih enak lagi sih sebenernya kalo belanja di tempat-tempat “Duty Free”, karena itu memang tempat jual barang-barang bebas pajak, asal kita bisa nunjukin passport dan visa kita ke pihak toko.

tax-and-duty-free-t3-post-large-6442451379

Contoh toko “duty free” di Sydney

 

Adapun tax refund ini, tetep aja ada syarat-syaratnya juga. Temen-temen bisa cek ke web border.gov.au untuk lebih shohihnya. Karena dari seabrek-abrek informasi disitu, yang aku hapal sih…… cuma dua:

  1. Nominal pembelian yang mau di-refund adalah minimal $300. Jadi, kalo kalian cuma belanja (misalnya) jaket USYD itu tadi seharga $110, itu jangan harap GST (=PPn)-nya bisa dibalikin, karena limitnya ya emang segitu. Nah tapiii… ada caranya nih! Yaitu dengan menggabungkan struk pembelian dari toko yang sama. Jadi kita bisa ajak temen yang beli juga di toko itu untuk struknya digabungin, biar kalo ditotal itu lebih dari $300. Tapi lagii.. jangan berlebihan juga sih kayaknya. Misal, jajan eskrim di Supermarket Coles cuma seharga $10, terus struknya dikumpulin sampe 30 lembar biar bisa tax refund. Kayanya petugasnya juga males deh ngecek. Bisa atau nggak sih gak tau, soalnya belum pernah nyobain sampe sebegitunya.
  2. Struk pembelian berlaku dalam waktu 60 hari terakhir. Kalo ini kayaknya jelas. Kita cuma bisa refund di saat kita emang waktunya pulang ke negara asal. Jadi aku refund emang pas di hari aku pulang ke Indo. Dan karena aturan 60 hari itu tadi, jadi kalo mau beli barang yang harganya agak lumayan, itu mending gak terlalu jauh dari jadwal pulang.
img_4839

Bandara Adelaide, di kali pertama menginjakkan kaki di kota ini. Sepi.

 

Nah, sedangkan untuk bedanya proses refund di Adelaide dan di Sydney, ini kayaknya faktor petugasnya sih:

a. Waktu di Adelaide, aku mau klaim iphone 6s yang baru dibeli. Standar, kita harus nunjukin struk pembelian dan passport. Lalu mereka beneran minta ditunjukin dan ngecek barangnya sampe box-box-nya (yang kebetulan kali itu iphone-nya emang udah aku pake), sampe nyesuain data yang ada di struk dengan keadaan iphone dan box. Kalo udah yakin sesuai, baru deh bisa lanjut proses refund. Daaann.. refund-nya itu gak bisa cash. Jadi either ke kartu kredit atau rekening bank. Kartu kreditnya pun harus atas nama sendiri, dan atau kalo mau ke akun bank, juga sama, harus atas nama sendiri, dan itu bank-nya gak bisa bank di Indonesia.

b. Pas di Sydney kejadiannya beda. Padahal aku lagi bawa iphone baru yang belum dipake. Petugas cuma minta passport sama struk pembelian. Harga >$300 checked, <60 hari checked, mereka langsung nanya dananya mau ditransfer kemana. Dan pas aku tanya “bisa gak dimasukin ke kartu kredit temen aku?”, mereka langsung jawab “Syur..”. Lalu aku kasiin kartu kredit temen aku, mereka gesek, dan proses refund pun selesai. Cepet abis.

img_4494-copy

contoh struk

 

So… kalo cerita spesifik soal produk Apple-nya sih, kebetulan aku emang bawa barang berikut box-box-nya di tas punggung. Jadi mungkin itungannya kayak barang sehari-hari kali ya.. Dan jumlahnya juga emang gak lebay. Untuk satu produk, misal iPhone 7+ baru, aku cuma paling bawa dua di tas. Kalo lagi bawa lebih dari itu, mending titipin temen aja yang lagi mau pulang juga. So far so good. Kalo ditambah Macbook sih, aku prefer boxnya masuk bagasi (karena males bawa box kaya gitu kemana-mana), dan Macbook-nya dibawa ke kabin. Kecuali kalo gak mau refund tax, ya bisa aja Macbook barunya langsung dimasukin ke koper bagasi. Asal jangan mencolok dan jangan lebay, tetep. Kan lumayan tuh.. satu iPhone 7+, pajaknya aja bisa seharga Rp.1,3 juta. Buat jajan baso.

Mmm.. terus apa lagi ya.. Untuk sekarang sih ingetnya cuma segitu. Aku tidak menyarankan ke-lebay-an dalam bawa barang, dan aku juga tetap mendukung orang-orang untuk ikut aturan. Setidaknya isi data imigrasi juga dengan baik dan benar. Kalo ada piha bea cukai yang kebetulan baca tulisan ini, well… mungkin nominal minimalnya bisa dikaji ulang, Pak. Di saat GDP kita sudah setingkat sekarang, saya tidak yakin banyak orang yang setuju bahwa >$250 sudah termasuk barang mewah. Dan tapi ini subjekif looh.. Peace, love, n gaul. Berapapun harga barangnya, jangan lupa jadikan aset produktif untuk menghasilkan yang lebih besar ya, teman-teman. Semangat!!

.

Tepat sehari sebelum demo “aksi damai” 212,

sambil inget-inget mau cerita apa lagi

 

[Update: Temen aku ada yang baca tulisan ini dan dia kasih komentar personal. Kebetulan dia adalah mahasiswa S2 di Adelaide :)) Katanya, bulan ini pas balik Indo, dia bakal bawa TUJUH produk Apple! Titipan orang semua, wkwkwk.. Tahun lalu pun dia bawa LIMA dan semuanya lancar-lancar aja tuh (asli, ceritanya kocak xD). Kayaknya pihak petugas Ostrali-nya sih gak ada masalah (atau malah seneng kita belanja banyak disana??). Kondisi barang beberapa udah unboxed, sebagian belum. Dan semuanya diklaim buat refund! Ha ha.. Pendapatan banget nih buat tambahan uang jajan mahasiswa! Dan tiba-tiba aku merasa cupu ~,~

 

PS: Oh iya! Untuk yang mau klaim barang agak banyak, biar ga terlalu repot pas di bandara, katanya bisa login dan isi data barang-barangnya dulu via website. Keliatannya sih ide bagus. Silakan dicoba. Dan kalo udah, jangan lupa cerita-cerita sama aku ya! ;D

 

Advertisements

Pengalaman Tarik Tunai BCA di Australia

img_0661

Numpang foto doang di ATM Commonwealth Bank, padahal cash out-nya mah bukan di mari :))

 

Haaaalooooo….!!!
Hai hai semuanyaaa..!! It’s been a long time since the last time I blogged. Banyak (banget) yang pengen di-share, tapi (as always) waktu dan mood-nya makin susah. Kayaknya emang mesti dijadwalin hari khusus deh kapan dalam seminggu harus nulis. Karena numpuk-numpuk ide tulisan juga sering bikin kepala penuh sesak. Maka mari sekarang kita mulai lagi dengan postingan simpel aja ya.. berbagi sedikit pengalaman pas awal November 2016 ini mesti tarik tunai pake kartu ATM BCA di Sydney, Australia. Well, sebenernya gak spesial-spesial banget sih… tapi ya sekalian jadi reminder sendiri juga aja.

Jadiiii‚Ķ ceritanya kemarin tu aku sempet kekurangan duit dollar AU gitu. Bukan karena stipend beasiswa kurang sih. Duit dari Australia Awards cukup banget. Apalagi yang di Sydney Uni ini, kami bahkan disiapin morning tea, lunch, dan afternoon tea selama program! Jadinya kayak gak perlu keluar banyak uang gitu buat biaya makan. Akomodasi di apartemen udah dibayarin semua juga. Udah gitu, hiburan-hiburan yang aku pengen di Sydney, eh taunya udah dimasukin ke social program sama mereka, kayak bridge climb di Harbour Bridge (yang biayanya sekitar $300!), terus visit Madame Tussaud dkk (+-$65), itu semua udah dibayarin kampus! Jadi kayak aku cuma harus keluar duit buat jajan lain-lain aja. Asik banget kan?? Sedikit bocoran, living allowance kami adalah senilai $82 per hari. Sempet ngitung-ngitung pengeluaran aku selama 2 minggu, eh ternyata aku cuma ngabisin $207! Yang berarti aku save $1092 dalam 14 hari saja! Ehehehe‚Ķ Tapiii‚Ķ berhubung mendadak ada kebutuhan beliin dulu temen ‚Äúsesuatu‚ÄĚ, aku jadi mesti nambah dollar deh minggu itu. Paling enak sih sebenernya minta tolong temen Indo yang juga di Sydney. Temen sekelas, misalnya. Kita transfer rupiah kita ke rekening Indo dia, dia ngasih kita dalam bentuk dollar. Kurs disesuaikan. Tapi berhubung kayaknya gak kondusif, belom ada yang segitu akrab juga (apalagi soal duit suka rempong), jadi mending ngurus sendiri saja lah~~

img_0245

Di USYD, stipend dikirim via kartu ini, yang sistemnya kayaknya one way transaction.

Nah.. kebetulan.. aku tu udah tutup kartu kredit sejak dua tahun yang lalu, dan rekening NAB (National Australian Bank) setahun lalu, dan lagi bawanya kartu ATM BCA doang (kartu jenis gold lebih persisnya). Jadi opsi pertama yang kepikiran adalah: ‚ÄúYa udah lah Han, langsung tarik tunai aja!‚ÄĚ. Tapi ketahan karena temen aku cerita beberapa hari sebelumnya dia tarik tunai pake kartu citibank dia, dan kursnya itu nggak banget! Rate umum di Indo, itu sekitar Rp.9500 ‚Äď Rp.10.000 kalo mau beli AU$1, eh tiba-tiba di Sydney jadi Rp.11.660 coba! Nggak banget kan?! Di luar biaya administrasi yaitu Rp.25ribu per transaksi. Kalo nominalnya dikit sih gak apa-apa. Nah ini masalahnya aku lagi mau narik ratusan dollar, bzzzz‚Ķ Makanya jadi mikir lah gimana cara nambah saldo dollar aku selain harus narik langsung di ATM.

Nah.. opsi ke-2 yang kepikiran adalah, aku mesti bikin akun dollar di rekening BCA Indo, remotely dari Aussie. Gimana caranya? Ya gak tau pasti juga. Makanya aku harus nelpon customer service buat nanyain. Googling, googling, googling, dapetlah no-nya CS BCA, termasuk gimana cara kalo nelponnya dari luar negeri. Katanya sih no-nya itu +621500888. And you know what?? Aku udah nyoba nelpon +621500888, +62500888, +62211500888, +6221500888, +62500888, semuanya, berkali-kali, AND NONE OF THEM WORKS!! GREAT!! Sampe kebuang waktu sekian puluh menit, akhirnya aku pikir mending nyoba nelpon kantor BCA biasa aja deh, dan taunya baru nyambung. Tapi masih mesin yang jawab, karyawan belum ada yang dateng, karena waktu itu emang jam 8 AM waktu Sydney, yang berarti jam 4 shubuh di Jakarta. So, aku mesti nunggu minimal 4 jam lagi sampe ada orang yang beneran bisa angkat telpon. Ya ampun.. untung pulsa aku banyak, hufft~

img_0048

Dibeliin sama kampus kartu Telstra seharga $40, call credit-nya kalo dirupiahin sekitar 7 juta! Yang sampe dipake nelpon internasional puluhan kali pun, sampe masa aktif abis tu pulsa masih $600 lebih. So useless~

Lalu akhirnya 4 jam berlalu lah. Aku telpon lagi deh kantor BCA di Jakarta itu. Ada yang ngangkat, tapi lamanyaaaaa bukan main. Udah gitu ternyata orangnya gak bisa langsung jawab pertanyaan aku, jadi dia ngasih nada tunggu melulu. Nanya lagi, nada tunggu lagi. Gitu aja terus sampe hampir setengah jam. Sampe akhirnya hape aku gak sengaja kepencet end-call, doh, jadi mesti nelpon lagi, eh dan ternyata pas telpon berikutnya, yang ngangkat udah beda orang, dan pertanyaannya jadi mesti diulang-ulang. Ampun dijeeehh~ Dengan endingya adalah mereka bilang, kalo aku mau nambah saldo valas (valuta asing), gak bisa langsung orang rumah aja setor ke bank dan masuk rekening aku, tapi aku yang mesti datang ke BCA dulu untuk buka rekening valas sambil bawa kartu ATM sama buku tabungan. (Lah piyeee??? Ini kan justru aku bilang lagi di Australia, mbakeeeeeeee…??!). Ampun dah. Akhirnya yaudah deh, karena butuhnya udah limit di hari itu, i have no choice, tarik tunai di ATM aja. Berharap rupiah lagi bagus di hari itu. *sigh

Nah, karena dulu pas di Flinders Uni semua orang dibikininnya rekening di NAB, aku tu jadinya punya persepsi ‚Äúwah, ini bank kayaknya student friendly‚ÄĚ. Makanya pas harus cash out, aku pikir, ‚Äúmending aku nyari ATM NAB terdekat aja deh‚ÄĚ. Yang begitu nemu, eh ternyata pas banget, ada logo Cirrus-nya! (karena di kartu BCA ini cuma ada logo Cirrus, gak ada Visa atau MasterCard). Bismillah dulu, dalam hati ‚Äúoke lah, mari kita cash out di NAB saja!!‚ÄĚ. Sambil sepenuh hati aku masukin kartu BCA aku, cet pencet pencet, aku masukin nominal dollar yang pengen ditarik, lalu tertampil di layar: biaya transaksi adalah $3, aku pencet deh OK. Ehhh langsung keluar tu dollar dari mesin! Busett, ternyata gak ada info kurs-nya dulu sama sekali ~,~ Langsung aku amanin duit-duit dollar itu ke tas, melipir lah aku sambil mikir ‚Äúsedollarnya tadi berapa ya ~,~‚ÄĚ

Begitu balik kampus, baru lah aku ngecek via klikbca. Ternyata eh ternyataa… alhamdulillah, YA ALLAH! Rate-nya Rp.9990!! Ahahahaha.. AHEY!!! Bahagia banget dah ternyata masih dapet <10ribu :))) ADM Rp.25ribu mah yaudah lah ya.. ikhlasin aja. Walaupun abis itu orang-orang bilang, katanya kalo Mandiri atau BNI rate-nya bakal lebih bagus. Yah.. bodo amat dah.. yang penting urusan yang ini udah kelaarrr!!! Heu..

img_8022-1

Penampakan duit Aussie

Eh tapi taunyaa.. 2 hari setelah itu aku ternyata butuh dollar lagi. Karena udah gak terlalu parno, aku jadi santai asal tarik aja di ATM lain. ‚ÄúToh kali ini cuma $50 lah‚ÄĚ, pikir waktu itu. Aku narik di ATM ANZ (masih pake kartu ATM BCA yang sama), dan ternyata sistem mereka emang sama-sama gak nampilin kurs di awal, jadi kita gak bisa punya pertimbangan dulu mau jadi narik apa nggak. Pas begitu pulang dan ngecek, kali ini ternyata rate-nya jadi Rp.10.316. Welll‚Ķ kayyy‚Ķ.

Sooo… dari pengalaman tersebut, kayaknya ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil, yaituuu:
1. Emang penting banget mastiin sejak di Indo soal kebutuhan dana kita selama di luar negeri. Karena bagaimanapun, rate valas di Indo pasti selalu lebih bagus. Wah, apalagi kalo perlunya nominal uang yang cukup besar. Beda berapa ratus aja lumayan, broh!
2. Kalo emang buat cadangan, sebisa mungkin bawa ATM rekening Indo dari bank yang rate-nya emang terkenal bersahabat. Katanya sih Panin Bank oke. Atau BNI juga boleh lah…
3. Kalo kasusnya pas kayak aku, cuma bawa BCA, pas mau cash out di Aussie, kalo pilihannya ada diantara NAB sama ANZ, mending pilihnya NAB aja. Bank nasional kayaknya emang lebih oke lah daripada yang internesyenel.
4. Mungkin layak dipertimbangkan untuk bikin rekening valas, selain rekening rupiah di bank yang sama. Sekian.

Naaahh… begitulah cerita aku kali iniii… Sebenernya poin aslinya cuma 4 biji itu doang sih, tapi curhatannya panjang banget :)))

Well.. aku doain semoga semua yang baca blog ini bisa pada dapet rejeki juga beasiswa ke Ostrali yaaa… Atau ya semoga kalian dananya selalu cukup lah saat lagi tinggal di luar negeri. Juga jangan lupa nabung dan investasi ya, teman-temaaannn…!!! Cup muah bye!!

.
Pagi dingin di pertengahan November 2016,

sambil langsung lanjut nulis postingan berikutnya \m/

Winning Australia Awards Twice And Becoming An Anomaly

alhamdulillah

Thank you, Australia!

 

Well, actually everything happened so fast, til I didn’t really aware¬†what was coming over me. Just a week after I submitted my application (at the very last minutes of deadline) for Short Term Award Scholarship, I directly received an email that it was successful and I got selected to be an awardee of AAS (Australia Awards Scholarship) once again. HOoOoO¬†o.O

For me personally, it proved one point, as written on my late post, that every time you were brave to take a step, even though you were not sure where it would led you to, it surely would take you somewhere, while hesitation to move would just bring you nowhere. I never expected that my decision for taking fellowship scholarship in Flinders Uni would give me so much benefits, even after the program ended. One of them is, I am already categorized as an alumni of Australian university, and by that, many opportunities opened. I was invited to join the alumni network, to attend the alumni events, to make connections among great people, etc, beside as an alumni, there is also a chance to apply for grant scheme to fund our business activities that making impact for people, and this, which just brought me here, to apply for a special scholarship for alumni.

I felt nothing to lose when I applied this special scholarship, remembered that I just came back from my fellowship in Adelaide months ago (9 months to be precise, not even a year, aight?) and the new scholarship I was applying titled “Transformational Business Leadership – for Outstanding Alumni of Australian Universities”, so that the awardees must be valued as outstanding persons, no? But what made me eager to apply was, the fact that the program would¬†be run in the coolest uni in Australia, The University of Sydney (that Hogwarts look alike campus), and that we would study about economy/finance, subjects that urgently needed by¬†me to run my business better. And perhaps, God had a plan for me, so TADAAAA… I got it, and here I am again, in the pre-departure workshop altogether with other fellows who will leave and study in Sydney later. And I’m becoming an anomaly.

2

2nd day of the 3 days pre-departure workshop

 

Why I call myself an anomaly? Well… After flocked with other awardees, I found facts that:

  • Everyone in this group had graduated and got degree from various Australian uni long time ago. Some of them finished their bachelor in Oz, most of them got their master degree, and the rest even already got a Phd title from there. But me. I’m just a fellowship graduate by all means. Only me.
  • All the people here have crucial positions in their well-established companies, national and multi-national, senior managers and or directors who are averagely aged¬†40’s. But me. I’m the one and only still living in my 20’s and working in a relatively new venture. I’m the very youngest one and have no peers, literally.
  • Most of them have background in finance and or working in such field, but.. me again X))

Yea, but chill. Instead of feel alienated, I think that I’m privileged to be among them, to be given a chance to learn much from experienced people, and¬†to do acceleration. Sometimes lonely, like “am I really belong here??”, but.. well, lets just take the bright side anyway.

img-20160914-wa0036

funny how to call them (who aged as my father) class mates

 

So, as I noticed right after the workshop started, different from my previous¬†AAS, where not all my class mates could speak English well, in this current group, I can see that everybody’s really smart¬†and everybody has a very good English (otherwise, they wouldn’t graduated from Oz and become global business leaders, eh?). It makes the class and discussions so much alive. Anyone can participate and share their well thoughts and experiences. And it is very very exciting! We are assisted directly by one of the directors of Sydney Uni Business School, Prof.Robin Stonecash, and the program leader, the funny smart Kyle Arthars, sooo much fun!!

img-20160914-wa0027

Kyle is so tall so you can always notice him right away

 

So, for those who ask me whether this program is related or is the sequel of my previous AAS, no, it is not. It’s completely apart, yet given from the same scholarship provider, funded by the Australian government.

And so what I can share with you from winning the AAS twice are:

  • I think AAS are very concerned in making impacts of their programs. So (especially for the long-term awards), they look for candidates who can give influences or create changes. That’s why some people may say potential awardees mostly come from the government institutions, rather than who work in private company, because they are more likely to be the persons who have authorities to make policy or something that will affect to the society.
  • The rule above also somehow applied in short-term award. If you’re not a PNS or working for the government, for targeting the objective of making impact, it’s good for you to have an important role in your company or institution, because in common perspective, if you do so, as you educated, there are not only you who will be benefited, but also (directly and indirectly) your environment and people in surrounding.

    Based on these two, my tip is: when you apply, tell them clearly about your role, and show them how influencing you are.

  • Another hint from me; Australia has special concern in particular subjects, such as women empowerment/gender equality, people with disabilities, and development in rural areas. So if you want to biggen your chance in winning their scholarship, you can tell them how you involve in those issues. If you are a disabled person, I strongly recommend you to apply, because instead of be ignored, you are more likely to be prioritized. I can guarantee that. (And don’t worry, Australian environment is adequately¬†inclusive)
  • Become an alumni of Australian Uni will bring you so many advantages, so that you should not miss the chance to be a part of it. Moreover, when this post published, AAS do even have (very) short courses that only take 2 weeks.
img-20160913-wa0009

my bag is ready

 

And what make the short-term award special:

  • We don’t have to provide any certificate of English proficiency (maybe it can help, but not compulsory). They asses fully based on our CV, applications, and essays.
  • They will help to make our student visa. In my case, I give¬†them the data, and the AAS officer proceed it to the embassy.
  • The stipend and facility are a bit higher compared to¬†for the long-term awards
  • Most likely, you will be gathered with leaders of the industry.
  • To maximize the output, the program must be including business visits, networking events, and social programs for you to experience Australia way more.

So, what are you waiting for? For Indonesian, you can check to australiaawardsindonesia.org for looking for suitable program for you. Meanwhile, I’ll be finishing my pre-departure workshop and preparing for my next journey in Sydney very very soon. Wish me luck, guys!!

 

In the cold un-air conditioned hotel room,

still absorbing today’s material and trying to fit in these grown-up people